iklan

flash

banner

FLASH

nufnang

PENGIKUT SETIA

Tuesday, August 10, 2010

8. RAMADHAN AL-MUBARAK..

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang merupakan bulan penghapus dosa dan pembebasan dari api neraka, banyak para kaum muslimin yang menunggu akan kehadiran bulan mulia ini. Pada bulan mulia (Ramadhan ) ini, Allah.SWT mewajibkan hamba-hambanya yang beriman untuk menjalankan ibadah puasa.Berpuasa dibulan Ramadhan merupakan suatu keharusan yang diwajibkan bagi seluruh orang-orang yang beriman. Allah.SWT berfirman :

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS : Al- Baqarah : 183 )

Image and video hosting by TinyPic

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur’an. Allah.SWT berfirman:

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil).” (QS : Al-Baqarah: 185)

Pada bulan ini para setan dibelenggu, pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka.
Rasulullah.SAW bersabda:

Bila datang bulan Ramadhan dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan dibelenggulah para setan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Pada bulan Ramadhan pula terdapat malam Lailatul Qadar. Allah k berfirman:

Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur’an pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan hingga terbit fajar.” (QS: Al-Qadar: 1-5)

Penghapus Dosa

Ramadhan adalah bulan untuk menghapus dosa. Hal ini berdasar hadits Abu Hurairah z bahwa Rasulullah.SAW bersabda:

Shalat lima waktu, dari Jum’at (yang satu) menuju Jum’at berikutnya, (dari) Ramadhan hingga Ramadhan (berikutnya) adalah penghapus dosa di antaranya, apabila ditinggalkan dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

No comments:

iklan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...